Selasa, 29 Maret 2011

WISATA DANAU RANAU

Danau Ranau adalah salah satu wisata unggulan di daerah sumatera selatan, tepatnya di kabupaten oku selatan, kecamatan Banding Agung. Danau ini sungguh menakjubkan, sekali kita menyaksikannya pasti akan membuat kita selalu merindukan keindahan Danau Ranau ini. Selain airnya yg melambai-lambai dengan ombak yang menggelombang, danau ini di hiasi oleh megahnya Gunung Seminung yang berdiri kokoh, di kelilingi bukit dan hamparan persawahan.
Ikan yang terdapat di danau ini sangat khas, dari jenis hingga cita rasanya, ikan seperti mujair, harongan , kepor, tidak sulit di temukan di danau ini.
mata pencarian masyarakat sekitar sangat tergantung akan danau ranau yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Danau Ranau yang mempunyai luas sekitar 8×16 km dengan latar belakang gunung Seminung (ketinggian ± 1.880 m dpl), dikelilingi oleh bukit dan lembah. Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari cerah suhu berkisar antara 20° – 26° Celsius. Terletak pada posisi 4°51’45″ bujur selatan dan 103°55’50″ bujur timur.

Menurut legenda yang ada, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan/belahan itu.  Kemudian di sekeliling danau baru itu mulai ditumbuhi berbagai tanaman, di antaranya tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakanlah Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.
Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas alam yang keluar dari dasar danau. Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa yang terletak tidak jauh dari air panas.
Tak kalah menarik adalah way wala, sungai yg mengalir dari pembuangan danau ranau ini sangat cocok untuk arung jeram, tp sampai saat ini belum ada yg mencoba mengingat airnya sangat deras dan tentunya bisa membahayakan, tp keindahan sungai ini tak bisa di pungkiri, di mana setiap senja menjelang di tepian sungai ini serimg menjadi tempat anak muda memadu kasih.

Bagi saudara yang berkunjung ke danau ranau jangan lupa mencicipi ikan mujair, harongan khas ranau, dan saya jamin pasti ketagihan.
Selamat berkunjung dan berliburan di danau ranau,  pasti saudara-saudara akan di sambut dengan ramah oleh masyarakat sekitar.

Selamat berwisata, semoga menyenangkan.

3 komentar:

  1. yang paling asik tukh, biasanya didanau ada tempat pelelangan ikannya.
    serasa ditepi pantai ;D
    oiya, I've joined ur blog loo, join balik yuaaa
    n keep on comments ^^

    BalasHapus
  2. sebenarnya pelelangan ikan sdh ada, tp mungkin msh skala kecil, khususnya di daerah pantai kota batu.
    thanks dah join,,, sukses slalu,,,

    BalasHapus
  3. mantabbb brooo... lanjut ken...

    BalasHapus